Proses Produksi Lampu Taman – Dalam memproduksi sesuatu dibutuhkan keahlian khusus dibidangnya, hal ini bertujuan untuk menciptakan produk yang berkualitas. Contoh kecilnya adalah produksi lampu taman, jika dilihat dari bentuknya memang sederhana. Namun jarang sekali produsen yang bisa memproduksinya dengan baik tentu akan menjadi hal sangat disayangkan. Produksi lampu taman yang berkualitas akan menjadi hal yang positif. Banyak sekali manfaat yang bisa ambil, seperti hiasan pada rumah.

Proses Produksi Lampu Taman

Rumah dan bangunan akan terlihat indah jika ada taman di sekitarnya. Pemandangan taman yang hijau dengan bunga berwarna warni menambah keindahan desain rumah baik minimalis maupun model lainnya. Tiang lampu taman juga bisa memberikan nuansa baru yang mempercantik tampilan taman. Bahkan dengan adanya tiang lampu, taman seperti memiliki pusat perhatian yang akan membuat kesan mewah pada taman sederhana.

Lalu apa saja proses produksi lampu taman berkualitas?. Berikut adalah proses produksi tiang lampu taman yang umumnya dilakukan oleh para pengusaha bidang ini. Pemasangan Lampu taman yang biasa dilakukan di bengkel atau produsen tiang lampu memang memiliki banyak perbedaan karena semua di kondisikan dengan medan. Ini lah langkah umum yang sering sekali dilakukan.

  1. Pemilihan Desain

Untuk memulai proses produksi tiang lampu taman, pemesan harus memilih desain terlebih dahulu. Desain tiang lampu disesuaikan dengan model atau tema taman yang akan dipasangi lampu. Biasanya rumah bergaya vintage akan cocok dengan model tiang lampu klasik dengan ornamen berlekuk di bagian dekat lampu. Desain ini mungkin memiliki ketinggian sekitar 2 meter atau lebih. Namun jika ingin menggunakan tiang lampu berukuran sedang, bisa juga memilih desain klasik dengan tinggi 100 hingga 120 cm. 

Sedangkan rumah atau bangunan bergaya minimalis dan modern bisa menggunakan model tiang lampu sederhana. Misalnya yang berbentuk lurus keatas dengan beberapa tangkai lampu. Adapula pemesan yang memilih desain lampu sederhana berkesan modern tanpa ornamen, dengan fitting lampu bulat. Jenis ini terlihat sederhana namun tidak akan salah dipasang di rumah dengan model apapun selain itu harga tiang lampu jalan dan taman semacam ini sangat terjangkau.

  1. Pemilihan Bahan

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat tiang lampu taman misalnya kayu, besi, semen, dan bahan lainnya. Pemilihan bahan sebaiknya dicocokkan dengan desain yang dipilih. Jika desain tiang lampu tinggi, maka akan menggunakan bahan besi agar lebih mudah dibentuk dan dipindahkan dari bengkel pembuatan tiang ke rumah pemesan.

Jika menginginkan tiang lampu jalan dengan tiang agak rendah, maka bahan bisa semen, kayu atau besi tergantung pilihan pemesan. Bahan ini menentukan keawetan tiang lampu. Hal ini disebabkan letak tiang yang ada di luar ruangan akan terkena cuaca langsung baik hujan maupun panas.

  1. Pembuatan Tiang Lampu

Setelah penentuan desain, tinggi, hingga bahan tiang lampu taman maka pengrajin akan mulai menyusun dan membuat tiang lampu. Proses ini memakan waktu beberapa hari tergantung tingkat kesulitannya. Pada proses produksi tiang lampu taman ini sama dengan pembuatan tiang lainnya.

Bahan besi dipotong sesuai desain, kemudian dirapikan dan dibentuk. Alat yang dipakai mulai dari gergaji, las, bor listrik dan lain sebagainya. Produksi tiang lampu jalan dilakukan dengan teliti sehingga detail yang diinginkan pemesan bisa dibentuk dengan baik. Bahan yang digunakan juga sangat berkualitas sehingga tiang lampu awet dan tahan lama.

  1. Pengecatan Tiang Lampu

Setelah bentuk dasar tiang lampu taman selesai, tahap berikutnya adalah pengecatan. Cat yang digunakan adalah cat besi jika bahan dasarnya besi. Terdapat beberapa lapisan saat proses pengecatan, untuk mengurangi kemungkinan terkelupas atau pudarnya warna tiang lampu. Pemilihan warna juga disesuaikan dengan tema taman.

Kebanyakan tiang lampu jalan bergaya klasik di cat dengan warna hijau tua atau cokelat. Namun jika pemesan menginginkan warna lain pengrajin juga akan mengabulkan. Cocokkan dengan warna taman dan bangunan sekitar agar tiang lampu tidak menyatu dengan desain taman tersebut.

  1. Pemasangan Tiang Lampu dan Listrik

Setelah tiang selesai dicat dan mulai mengering, proses pemasangan dapat dilakukan. Petugas yang memasang tiang lampu akan datang ke rumah dan mempersiapkan pondasi untuk tiang lampu jalan yang hampir selesai. Beberapa tiang juga memerlukan penyangga agar bisa berdiri kuat. Penyangga ini biasanya berbahan campuran semen yang berbentuk gundukan.

Selain memasang pondasi, petugas juga akan memasang instalasi kabel listrik agar aman dari aliran air atau gangguan binatang. Pengamanan ini dapat dilakukan dengan menanam kabel dalam tanah atau memasukkannya ke pipa paralon kecil. Pengamanan sangat penting sebab jika terkena air, kabel bisa rusak atau konslet dan membahayakan manusia yang berada di sekitarnya.

Harga tiang lampu taman minimalis maupun klasik sangat terjangkau. Pemesan bisa memilih gaya tiang lampu apapun dengan harga dan kualitas terbaik. Proses produksi tiang lampu taman juga tidak terlalu lama, cukup menunggu beberapa hari saja. Selain itu pemasangan juga dilakukan oleh tenaga berpengalaman sehingga tidak akan ada cerita tiang lampu roboh atau menyakiti penghuni rumah karena pemasangan asal-asalan.

Call
Whatsapp
WhatsApp chat