Pemasangan tiang lampu jalan – Dalam melakukan suatu kegiatan, kesiapan sangat diperlukan sekali agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan pemasangan tiang lampu jalan yang sering kita lihat pada sisi jalan. Pemasangan tiang lampu tentu memiliki prosedur yang harus dilalui. Melihat betapa pentingnya fungsi lampu jalan, tentu pemasangan tiang lampu ini tidak boleh asal-asalan.

Pemasangan Tiang Lampu Jalan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pemasangan tiang lampu jalan. Nah dalam artikel kali ini kami akan memberikan sedikit informasi dalam persiapan pemasangan tiang lampu jalan. Ada enam poin yang dipaparkan dalam artikel ini dan akan dilanjutkan pada artikel berikutnya. Lalu apa saja poin-poin tersebut?, mari kita simak ulasannya dibawah ini

1) Persiapan Sarana Kantor

Pada saat proyek pemasangan tiang lampu jalan berlangsung, tentu kita akan melaksanakan kegiatan secara rutin dilokasi, baik itu dibidang lapangan maupun administrasi. Nah maka dari itu, penyedia jasa harus memiliki kantor dilokasi proyek pemasangan tiang lampu tersebut. Untuk keperluan kantor, kita bisa menyewa rumah yang paling terdekat dengan lokasi proyek. Dengan halaman yang cukup luas, akan melacarkan segala kegiatan administrasi.

Untuk penempatan material dan alat kerja seperti haspel kabel, tiang besi, kendaraan operasionil, maka diperlukan halaman  yang luas. Keamanannya juga perlu dijaga agar pekerjaan tidak terganggu dan berjalan dengan lancar sesuai jadwal. Sarana kantor diperlukan untuk kelancaran pekerjaan. Misalnya adalah lemari arsip, meja-kursi kerja, komputer, facsimile, printer dan lain sebagainya.

2) Persiapan SDM yang Sesuai

Kesiapan tenaga ahli dan teknisi dibidang kelistrikan khususnya penerangan jalan, serta tenaga administrasi, keuangan dan logistik sudah siap kerja saat penandatanganan kontrak. Tenaga ahli dan teknisi dibidang kelistrikan diperlukan untuk mempersiapkan sistem penerangan jalan umum yang benar serta perangkat/material yang berkualitas baik. Tenaga teknis ini akan mensupervisi pelaksanaan pekerjaan.

Bidang administrasi, logistik maupun keuangan akan melakukan pemesanan atau pembelian material dan perangkat sehingga terjamin ketersediaan material. Hal ini diharuskan agar sesuai dengan waktu yang diperlukan dalam pemasangan. Disamping itu diperlukan juga keteraturan administrasi pekerjaan.

SDM yang disiapkan menangani proyek terdiri dari:

  1. Site manager satu orang
  2. Supervisor Teknis dua orang
  3. Admin dan keuangan satu orang
  4. Logistik satu orang
  5. Tenaga pelaksana lapangan dua puluh empat orang

3) Survei Lokasi Letak Pemasangan Lampu Penerangan

Survei ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian lokasi dengan gambar DED (Detail Engineering Design) yang diterima dari panitia lelang. Jika diperlukan, akan dilakukan pengukuran jarak untuk menetapkan letak pemasangan tiang. Disamping itu untuk memeriksa perangkat /material apa saja yang harus dipasang dilokasi tersebut serta bagaimana situasi sekitar lokasi.

Pengamatan ini diperlukan untuk antisipasi mempermudah dalam pengiriman material dan kebutuhan peralatan kerja untuk mempermudah pekerjaan seperti alat khusus untuk mempermudah penggalian pondasi tiang. Terkait dengan perijinan ke PLN, perlu juga mendata letak lokasi tiang dan nomor tiang (kalau ada) yang dipakai untuk pemasangan box panel distribusi, nomor Identitas Pelanggan yang terdekat dan copy rekening pelanggan terdekat.

4) Mempersiapkan Gambar Kerja Secara Rinci.

Atas hasil survei, apabila ada ketidak sesuaian antara DED yang diterima dengan kondisi di           lapangan, maka akan dilakukan koreksi atas DED yang diterima. Setelah itu gambar instalasi dipersiapkan untuk keperluan perijinan ke PLN. Gambar kerja akan menjadi acuan kerja pelaksana pekerjaan.

5)      Persiapan Pembelian Perangkat atau Material.

Jika hasil survei diperoleh bahwa Daftar Kuantitas dan Harga (BOQ) yang diterima pada saat lelang tidak ada perubahan, maka kontraktor segera menyusun kebutuhan material dan perangkat yang harus segera dipesan. apabila terdapat koreksi atas BOQ, maka segera dilakukan meeting dengan atasan proyek untuk disepakati melakukan koreksi seperlunya.

Kebutuhan material dan perangkat yang perlu dipersiapkan antara lain:

  1. Lampu induksi lengkap 80 watt, 120 watt
  2. Kabel jaringan LVTC 3 x 10 mm
  3. Box panel distribusi
  4. Elektronik Timer-Kontaktor
  5. Tiang tujuh meter, tanpa stang atau dengan stang.
  6. Ground rod 16 mm dan steel wire guy.
  7. Tiang 11 (sebelas) meter,
  8. Stang lengkung diameter 2 inch sepanjang 1 – 4 meter
  9. Bracket J4
  10. MCB 20 ampere dan kelengkapan isi box panel
  11. Material instalasi,

6) Perijinan untuk melaksanakan Pekerjaan.

Agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar, perlu mempersiapkan perijinan yang terkait dengan peleksanaan pekerjaan. Perijinan yang terkait antara lain :

  1. Memberitahukan kepada kelurahan setempat akan diadakan pemasangan penerangan jalan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan timbulnya salah pengertian dengan petugas kelurahan atau masyarakat setempat.
  2. Surat Perintah Kerja dari Pemda, sebagai bukti pelaksanaan pekerjaan.
  3. Pengajuan permohonan pasang meter baru atau mutasi daya listrik kepada petugas PLN .
WhatsApp chat